Vina Krismawati, NIM.17116311 (2021) Strategi Guru Pendamping Khusus Dalam Implementasi K13 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Alam Lukulo Tahun Ajaran 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (248kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (289kB)
Abstract
ABSTRAK
Vina Krismawati: Strategi Guru Pendamping Khusus Dalam Implementasi
K13 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan
Khusus Di SD Alam Lukulo Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru
pendamping khusus dalam implementasi Kurikulum 2013 bagi anak berkebutuhan
khusus di SD Alam Lukulo Pejagoan Kebumen serta faktor pendukung,
penghambat dan solusi untuk mengatasi hambatan dalam implementasi kurikulum
2013 bagi anak berkebutuhan khusus di SD Alam Lukulo Pejagoan Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Pengumpulan data penelitian
ini melalui observasi terstruktur, wawancara terpimpin serta dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan analisis data yang meliputi pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menggunakan triangulasi untuk
memeriksa keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendamping khusus
dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 bagi anak berkebutuhan khusus di
SD Alam Lukulo Pejagoan Kebumen menekankan kepada Startegi GPK di
Sekolahan tersebut lebih menekankan pada melakukan suatu tindakan untuk
mencapai suatu tujuan dengan sasaran yang sudah ditentukan oleh sekolah dalam
perkembangan kemampuan berfikir dan soft skill ABK melalui pendekatan secara
personal. Implementasi kurikulum 2013 bagi ABK di SD Alam Lukulo Pejagoan
Kebumen yaitu GPK memilih strategi dengan menyesuaikan kemampuan ABK,
menyediakan ruangan khusus yang kondusif dan relevan, melibatkan ABK secara
aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas, GPK membantu ABK mencapai
standart yang telah ditetapkan, membimbing ABK, mengatasi berbagai cara untuk
menyelesaikan masalah serta membuat penelilaian untuk ABK. Faktor pendukung
pelaksanaan strategi guru pendamping khusus dalam implementasi Kurikulum
2013 bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi ini adanya kerjasama yang
baik antara koordinator , GPK, orang tua ABK, karyawan, serta pimpinan sekolah.
Faktor penghambat kurannya kapasitas GPK dan peran orang tua. Solusi yang
dilakukan dengan menekankan pada komunikasi yang baik dengan ABK.
Kata-kata Kunci: Strategi Guru Pendamping Khusus, Implementasi
Kurikulum 2013, Anak Berkebutuhan Khusus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru Pendamping Khusus, Implementasi Kurikulum 2013, Anak Berkebutuhan Khusus. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 06:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 06:39 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/183 |