MANAJEMEN STRATEJIK MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK SEKOLAH FAVORIT DI MTS NEGERI 5 KEBUMEN

Khabib Sholah, NIM.1910300 and Dr. H. Imam Satibi, MPd.I., NIDN.2123027201 (2021) MANAJEMEN STRATEJIK MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK SEKOLAH FAVORIT DI MTS NEGERI 5 KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
tesis cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (475kB)

Abstract

ABSTRAK

Khabib Sholeh, NIM: 1610300. Manajemen Strategi Meningkatan Mutu Pendidikan Dalam Membentuk Sekolah Favorit Di MTS Negeri 5 Kebumen, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Pendidikan memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga pendidikan harus mendapatkan perhatian yang serius. Manajemen strategi membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah, pertama bagaimana formulasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Kebumen, kedua bagaimana implementasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Kebumen, dan ketiga bagaimana evaluasi strategi meningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi dengan model analisis interaksi Miles dan Huberman dengan alur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan, pertama formulasi stretegi dilakukan dengan kegiatan menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah, analisis kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal, menetapkan anggaran dan menetapkan stretegi alternatif, kedua implementasi strategi dilakukan dengan melaksanakan strategi yang telah ditetapkan dalam kegiatan-kegiatan peningkatan mutu pendidikan, ketiga evaluasi strategi dilakukan dengan kegiatan pengawasan, pengecekan dan penilaian langsung terhadap kegiatan implemenatsi strategi, yaitu kegiatan-kegiatan dalam peningkatan mutu pendidikan untuk memastikan implementasi strategi berjalan dengan baik, mengukur kinerja, mengadakan koreksi dan menetapkan langkah tindak lanjut.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:17
Last Modified: 15 Nov 2021 04:17
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item
View Item