MANAJEMEN PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL FALAH DESA SUMBERADI KECAMATAN KEBUMEN

Muhammad Syamsul Muarif, NIM 1910571 and Dr. Sulis Rahmawanto, M.S.I, NIDN.2131038501 (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL FALAH DESA SUMBERADI KECAMATAN KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover pdf.pdf - Published Version

Download (957kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
syamsul muaarif bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK

Manajemen Pengembangan dalam Mengembangkan Pendidikan di Pondok Pesantren Al Falah Sumberadi Kebumen
Muhammad Syamsul Muarif (samsulmuarif0895@gmail.com)

Lembaga pesantren berkualitas berperan penting dalam pembangunan bangsa, ia adalah sarana untuk melahirkan kalangan terdidik ber-intelektual. Banyaknya kalangan terdidik yang dihasilkan di sekolah perguruan tinggi, mempercepat peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di Negara ini. Lembaga pendidikan punya kewajiban untuk memberikan proses pendidikan yang integritas. Dari itulah, akan hadir pemikir, penggagas dan pelaksana dalam berbagai bidang persoalan di kehidupan masyarakat. Keberadaan lembaga pondok pesantren Al Falah sering kali di pandang sebelah sisi tanpa secara fair menilik keseluruhannya yang memiliki berbagai kelebihan progresifitas sesuai kebutuhan jaman, salah satunya dengan mengintegrasikan pendidikan formal yang memuat nilai-nilai agama kepesantrenan (Ahlakul Karimah) sehingga cerdas secara intelektual dan taat pada nilai-nilai agama Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengenalisis fokus masalah:
(1) Perencanaan pengembangan lembaga, (2) Pelaksanaan dalam pengembangan lembaga, (3) Evaluasi dalam pengembangan lembaga.

Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Analisis data dengan mencangkup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.

Peneliti menemukan hasil bahwa untuk meningkatkan pengembangan diperlukan beberapa tahap sebagai berikut: a) meningkatkan tentang pentingnya pengembangan, b) menggali ciri khas karakter nilai-nilai pondok, c) strategi analisis SWOT, d) menciptakan iklim berprestasi, e) peningkatan SDM, f) peningkatan sarana prasana, g) pengembangan kerjasama, h) motivasi guru dan siswa berprestasi,
i) pengembangan alumni.

Kata Kunci: Pengembangan Lembaga Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembaga Pondok Pesantren
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2021 08:05
Last Modified: 13 Nov 2021 08:05
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item