UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKANMETODESURVEY QUESTION READ RECITED REVIEW(SQ3R) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 SANGUBANYU KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AYU GUSTIWI, 15115554 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKANMETODESURVEY QUESTION READ RECITED REVIEW(SQ3R) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 SANGUBANYU KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB 11] Text (Skripsi PAI BAB 11)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB 11] Text (Skripsi PAI BAB 11)
BAB II.pdf

Download (252kB)

Abstract

ABSTRAK
Ayugustiwi. 15115554. Upaya meningkatkan hasilbelajar siswa
kelasIVmenggunakanmetodeSurveyQuestionReadRecitedReview(SQ3R) pada
mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 SangubanyuKebumen tahun pelajaran
2018/2019
Permasalahan yang dihadapi siswa pada mapel PAI di SD Negeri 1
Sangubanyu yaitu rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan dalam proses
pembelajaran kemampuan siswa bertanya masih kurang. Dilihat dari keadaan
metode yang digunakan masih kurang tepatyaitu model pembelajaran langsung.
Siswa yang kurang antusias belajar menjadi masalah yang serius oleh
gurusehinggaberdampakkepadahasilbelajarnya. Oleh karena itu perlu adanya
inovasi yang dapat menyegarkan dalam pembelajaran yaitu menggunakan metode
SQ3R yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus. Tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Negeri 1
Sangubanyu Kebumen sejumlah 19 siswa. Dengan menggunakan pengumpulan
data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan
analisis kualitatif yang bersifat induktif. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan yang diperoleh yaitu pada tahap pratindakan hasil belajar
tergolong masih rendah terdapat 52,63% atau 10 siswa yang belum mencapai
KKM, pada siklus I terdapat 27% atau5 siswa yang belum mencapai KKM,
kemudian pada siklus II semua siswa100% mencapai KKM.Berdasarkan temuan
peneliti dapat diketahui bahwa melalui pelaksanaan metode SQ3R pada mapel
PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode SQ3

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode SQ3R
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:28
Last Modified: 07 Sep 2021 08:28
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item