STRATEGI MARKETING PENDIDIKAN DI MADRASAH (Studi Analisis di MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kuwarasan)

MAHARANI RAMADHAN, NIM.1910639 and Dr. H. Iman Satibi, M.Pd.I., NIDN. 2123027201 (2021) STRATEGI MARKETING PENDIDIKAN DI MADRASAH (Studi Analisis di MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kuwarasan). Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (845kB)
[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-BAB III] Text (Tesis Cover, BAB I-BAB III)
maharani Bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (483kB)

Abstract

ABSTRAK
Maharani Ramadhan, NIM 1910639. Strategi Marketing Pendidikan di Madrasah (Studi Analisis di MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kuwarasan) Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi marketing dalam pendidikan. Madrasah saling berlomba dalam menarik pelanggan, meningkatkan daya saing, mutu pendidikan dan kepercayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah langkah-langkah strategis yang dilakukan MI Plus Jaryul Ulum dalam hal marketing pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan analisis data versi Miles dan Huberman dengan model alir.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada 5 langkah strategis dalam marketing pendidikan di MI Plus Jaryul Ulum yaitu pertama, identifikasi pasar dengan menganalisis perilaku pelanggan,melakukan riset pasar mengenai kebutuhan dan keinginan masyarakat. Kedua, segmentasi dan possitioning dengan segmentasi demografi, geografis dan perilaku. Possitioning dengan menempatkan diri sebagai madrasah yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Ketiga, deferensiasi produk dengan adanya kurikulum tahfidz, mabit, serta berbagai layanan pendidikan lain yang mendukung lulusan yang berkualitas. Membangun prinsip bahwa madrasah milik bersama dengan masyarakat. Keempat, komunikasi pemasaran secara langsung dan tidak langsung, melalui bantuan media sosial dan orang tua. Kelima, pelayanan madrasah dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Strategi, Marketing, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Marketing, Pendidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:17
Last Modified: 11 Nov 2021 07:17
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item