MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MEMAJUKAN MADRASAH BERPRESTASI DI (MI) TARBIYATUL HASANAH PADANG KAMAL KEC. PULAU MERBAU KAB. MERANTI RIAU

Ibnu Hajar, NIM : 1910548 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I,, NIDN.2131038501 (2021) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MEMAJUKAN MADRASAH BERPRESTASI DI (MI) TARBIYATUL HASANAH PADANG KAMAL KEC. PULAU MERBAU KAB. MERANTI RIAU. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
ibnu hajar Bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK
Ibnu Hajar, Nim : 1910548. Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Memajukan Madrasah Berprestasi Di (Mi) Tarbiyatul Hasanah Padang Kamal Kec. Pulau Merbau Kab. Meranti Riau, Tesis, Program Pascasarjana Iainu Kebumen, 2021

Penelitian ini dilatarbelakangi akan pentingya mutu pendidikan dalam memajukan madrasah berprestasi, Karena mutu pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu madrasah agar kualitas madrasah semakin meningkat sehingga madrasah dapat berkembang dan diterima oleh segala lapisan masyarakat. Sebagaimana telah diketahui, bahwa dalam rencana strategik untuk mutu perlu dikaji dan diimplemantasikan beberapa konsep yang mendasarinya untuk mutu pendidikan, yakni visi dan misi organisasi, prinsip- prinsip, tujuan, analisis pasar, analisis keadaan diri, rencana lembaga, kebijakan mutu, biaya mutu, evaluasi dan tindak lanjut. Dalam konteks ini, dapat dinyatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan oleh lembaga-lembaga madrasah dituntut untuk mengembangkan dan mengimplementasikan manajemen termasuk perencanaan yang kondusif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai manajemen mutu pendidikan dalam memejukan madrasah berprestasi, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan mutu pendidikan dengan mengunakan siklus PDCA (Plan, Do, Check, Art) di MI Tarbiyatul Hasanah Padang Kamal, sehinga natinya Manajemen mutu pendidikan dapat berjalan sesuaai dengan harapan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, control, dan perbaikan mutu madrasah dalam mewujudkan madrasah berprestasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dokumen-dokumen mutu pendidikan yang di dalamnya menjelaskan tentang gambaran kerja masing- masing tim manajemen mutu sangat berpengaruh bagi kinerja pegawai (tim manajemen mutu beserta warga madrasah yang lain). Dengan adanya dokumen kegiatan tersebut segala proses pelaksanaan program di madrasah dapat terkendali karena tugas yang dijabarkan sudah jelas. Dalam hal tersebut madrasah MI Tarbiyatul hasanah padang kamal telah memenuhi konsep manajemen yang ada tetepi belum adanya dukungan penuh dari berbagai kalangan masyarakat maupun pemerintah dan komitmen warga madrasah dengan kesadaran penuh untuk sama-sama melaksanakan segala sesuatu yang sudah direncanakan dengan baik.

Kata Kuci : Manajemen Mutu, Madrasah Berprestasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : Manajemen Mutu, Madrasah Berprestasi
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:30
Last Modified: 11 Nov 2021 04:30
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item
View Item