SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 KEBUMEN

FAOZAN BAKHTIAR, NIM. 1910623 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (834kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Faozan Bakhtiar BAB 5 pdf.pdf - Published Version

Download (473kB)

Abstract

ABSTRAK

Faozan Bakhtiar, NIM: 1910623. Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalitas Kinerja Guru di MTs Negeri 1 Kebumen, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya prestasi MTsN 1 Kebumen. Tentu prestasi tersebut mencerminkan profesionalitas kinerja gurunya yang tidak lepas dari supervisi yang dilakukan kepala madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan manajemen dan pendidikan. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan analisis kualitatif melalui tahapan pencatatan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Kepala MTsN 1 Kebumen telah melakukan perencanaan supervisi sejak awal tahun pelajaran baru. Perencanaan meliputi kegitan menyusun jadwal, instrumen supervisi, dan komunikasi dengan guru. Kedua, supervisi dilakukan dengan melibatkan tim supervisi yang terdiri dari wakil kepala dan guru senior. Pelaksanaan supervisi meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Ketiga, setelah supervisi dilaksanakan, kepala MTsN 1 Kebumen mengadakan evaluasi bersama tim dan guru yang disupervisi. Guru diberi kesempatan untuk memberikan umpan balik atas hasil supervisi. Keempat, tindak lanjut supervisi dilakukan dengan penguatan kepada guru yang telah melaksanakan tugas dengan profesional dan bimbingan kepada guru yang belum maksimal.

Kata Kunci : Supervisi, Profesionalitas, Kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Profesionalitas, Kinerja
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:37
Last Modified: 10 Nov 2021 04:37
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item