MANAJEMEN PERUBAHAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA REVOLUSI 4.0 DI PONDOK PESANTREN AL- FALAH SUMBERADI KEBUMEN

RATNA NINGSIH, NIM.1910574 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN PERUBAHAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA REVOLUSI 4.0 DI PONDOK PESANTREN AL- FALAH SUMBERADI KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Ratna Ningsih bab 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (452kB)

Abstract

ABSTRAK

Ratna Ningsih, NIM: 1910574, “Manajemen Perubahan Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Revolusi 4.0 Di Pondok Pesantren Al-Falah Sumberadi Kebumen" , Tesis. Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah pondok pesantren yang mengalami perubahan di era revolusi 4.0. Dalam menghadapi Era Revolusi 4.0 dan teknologi yang semakin berkembang tentunya pendidikan pondok pesantren telah banyak melakukan perubahan baik secara terencana maupun tidak terencana. Tujuan dari penelitian tesis ini adalah agar para pembaca mampu mengetahui pengelolaan manajemen perubahan pendidikan pondok pesantren di era revolusi 4.0 di pondok pesantren Al-Falah Sumberadi Kebumen.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di pondok pesantren Al-Falah Sumberadi Kebumen. Pengumpulan data diambil dengan metode observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisa validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi akan diuji kebenaranya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Plan/ perencanaan perubahan pendidikan pesantren Al-Falah di era revolusi 4.0 adalah dengan membentuk visi dan misi pesantren, dan membuat tim kepengurusan untuk melaksanakan perencanaan perubahan. Pada tahap organizing/ pengorganisasian perubahan pendidikan dengan pembentukan struktur kepengurusan yang dilakukan oleh pihak ahlul bait dan pihak-pihak yang bersangkutan seperti santri senior. Pada tahap Actuating/ pelaksanaan perubahan pendidikan adalah perubahan tata letak, perubahan structural, perubahan manusia, dan perubahan sarana prasarana. Dan untuk tahap terakhir Controlling/ pengendalian perubahan pendidikan adalah dengan tiga tahapan yaitu musyawarah santri, musyawarah kepengurusan, dan musyawarah yayasan.
Kata kunci: Manajemen Perubahan, Pendidikan, Pesantren, Era Revolusi 4.0

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : Manajemen Perubahan, Pendidikan, Pesantren, Era Revolusi 4.0
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:51
Last Modified: 10 Nov 2021 02:51
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item