MANAJEMEN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI DARING DALAM PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI MTS MA’ARIF NU GONDANG KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA

HURORI, NIM. 1910648 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI DARING DALAM PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI MTS MA’ARIF NU GONDANG KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover-BAB III] Text (Tesis Cover-BAB III)
Tesis Cover - BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Tesis BAB V.pdf - Published Version

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK

Hurori, Manajemen Pembelajaran Discovery Learning Melalui Daring Dalam Pada Masa Pendemi Covid-19 di MTs Ma’arif NU Gondang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2020.
Tesis ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran discovery learning melalui daring dalam pada masa pendemi covid-19 di MTs Ma’arif NU Gondang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Manajemen Pembelajaran Discovery Learning Melalui Daring Dalam Pada Masa Pendemi Covid-19 di MTs Ma’arif NU Gondang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran discovery learning melalui daring, berdasarkan silabus dan kalender akademik yaitu dengan menganalisa unsur-unsur yang ada didalamnya, selanjutnya berdasarkan silabus tersebut, guru membuat program tahunan, program semester, rencana program pembelajaran (RPP) dan langka-langkah persiapan; 2) Pelaksanaan Pembelajaran Discovery learning melalui Daring yaitu guru melakukan strategi pembelajaran dengan urutan sebagai berikut: 1) kegiatan Pendahuluan, yang didalamnya termuat langkah-langkahnya yaitu: Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), dan Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah), 2) kegiatan Inti, yang didalamnya termuat langkah-langkahnya yaitu; data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), 3) kegiatan penutup, yang didalamnya termuat langkah-langkahnya yaitu: Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) yang semuanya dilakukan secara daring melalui aplikasi whatsApp, zoom dan google form; 3) Evaluasi pembelajaran discovery learning melalui daring dilakukan melalui:1) Penilaian sikap dilakukan yang berisi informasi hasil pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan sikap dan perilaku peserta didik; 2) Penilaian pengetahuan, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, guru juga melakukan penilaian pengetahuan siswa, kegiatan ini dilakukan dengan memberikan tes secara tertulis melalui aplikasi google form tanpa print out; 3) Penilaian keterampilan dilakukan untuk menilai hasil pekerjaan dari siswa, hasil ini bisa berupa: tulisan, presentasi, proses kegiatan selama pembelajaran, laporan.

Kata kunci: manajemen, pembelajaran, daring

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembelajaran, daring
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:02
Last Modified: 09 Nov 2021 04:02
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item