MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 3 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

WIWIT INDRIYANI, NIM 1910665 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN : 2123027201 (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 3 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover- BAB III] Text (Tesis Cover- BAB III)
Tesis Cover-BAB III.pdf - Published Version

Download (917kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Tesis BAB V.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK

WIWIT INDRIYANI: Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Siswa Yang Berakhlakul Karimah Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 3 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman, pemodelan, upaya memfasilitasi, dan pengembangan program pendidikan nilai-nilai karakter dalam mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 3 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 3 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga meliputi: (a) karakter relegius,
(b) karakter kejujuran, (c) karakter kerja keras, (d) karakter cerdas, (e) karakter peduli, (f) bertanggungjawab, dan (g) disiplin; (2) Diantara pemodelan nilai-nilai dan moralitas yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 3 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga yaitu memberikan contoh yang baik pada peserta didik, melalui pendekatan komprehensif yaitu cara untuk mengatasi suatu masalah; (3) Upaya memfasilitasi nilai-nilai karakter dalam mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 3 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga meliputi kegiatan meningkatkan hubungan pendidik dengan peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan pendapat, memberikan motivasi kepada peserta didik; (4) Pengembangan program pendidikan nilai-nilai karakter dalam mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU
3 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga yaitu: (a) keterampilan berpikir kritis, (b) keterampilan berpikir kreatif, (c) keterampilan berkomunikasi secara jelas, (d) keterampilan menyimak. Selanjutnya juga melalui kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari, bulanan, maupun tahunan.
Kata kunci: Manajemen Pendidikan Karakter; Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : Manajemen Pendidikan Karakter; Akhlakul Karimah
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:37
Last Modified: 09 Nov 2021 03:37
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item
View Item