MANAJEMEN STRATEJIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 3 TAMANSARI PURBALINGGA

SUDIRI, NIM. 1910680 and Dr. H. Imam Satibi, S.Ag., M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) MANAJEMEN STRATEJIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 3 TAMANSARI PURBALINGGA. S2 Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I, BAB II] Text (Tesis Cover, BAB I, BAB II)
tesis cover - BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Sudiri BAB 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (467kB)

Abstract

ABSTRAK

Sudiri, NIM: 1910680. Manajemen Stratejik Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Ma’arif NU 3 Tamansari Purbalingga, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Pendidikan memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga pendidikan harus mendapatkan perhatian yang serius. Manajemen strategi membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah, pertama bagaimana formulasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MI Ma’arif NU 3 Tamansari Purbalingga, kedua bagaimana implementasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MI Ma’arif NU 3 Tamansari Purbalingga dan ketiga bagaimana evaluasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MI Ma’arif NU 3 Tamansari Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi dengan model analisis interaksi Miles dan Huberman dengan alur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan, pertama formulasi stretegi dilakukan dengan kegiatan menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah, analisis kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal, menetapkan anggaran dan menetapkan stretegi alternatif, kedua implementasi strategi dilakukan dengan melaksanakan strategi yang telah ditetapkan dalam kegiatan-kegiatan peningkatan mutu pendidikan, ketiga evaluasi strategi dilakukan dengan kegiatan pengawasan, pengecekan dan penilaian langsung terhadap kegiatan implemenatsi strategi, yaitu kegiatan-kegiatan dalam peningkatan mutu pendidikan untuk memastikan implementasi strategi berjalan dengan baik, mengukur kinerja, mengadakan koreksi dan menetapkan langkah tindak lanjut.

Kata Kunci: Manajemen Stratejik, Mutu Pendidikan

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Stratejik, Mutu Pendidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:48
Last Modified: 09 Nov 2021 02:48
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item
View Item