Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Kelas VII A di MTs Negeri 2 Kebumen.

Roihhatul Jannah, NIM.17116247 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I, NIDN.2116058201 (2021) Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Kelas VII A di MTs Negeri 2 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK
Roihhatul Jannah. 17116247. Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai
Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Kelas VII A
di MTs Negeri 2 Kebumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Gambaran Proses
Pembelajaran Al Qur’an di MTs Negeri 2 Kebumen menggunakan media
whatsapp (2) Efektivitas whatsapp sebagai media pembelajaran Al Qur’an
Hadist kelas VII di MTs Negeri 2 Kebumen.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kebumen pada bulan Mei�Juni 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan
efektivitas penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran daring pada mata
pelajaran Al Qur’an Hadist, penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara
kepada guru Al Qur’an Hadist, 10 peserta didik melalui fitur whatsapp yaitu
video call dan personal chat , observasi , penyebaran angket dan dokumentasi
sebagai data pendukung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa whatsapp membantu proses
pembelajaran Al Qur’an baik menyampaikan materi, pengiriman tugas,
kegiatan evaluasi dan informasi terkait madrasah. Gambaran proses
pembelajaran menggunakan whatsapp yaitu dengan mempersiapkan RPP
darurat, salam, pemberian tugas, rekapitulasi presensi aktif dan penilaian.
Ukuran efektivitas penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran daring
pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist kelas VII di MTs Negeri 2 Kebumen
dikatakan kurang efektif. karena guru tidak membangun pembelajaran yang
interaktif, tidak adanya penjelasan, hasil belajar peserta didik kurang dari KKM
dan kepuasan yang didapat dalam penggunaan whatsapp sebagai media
pembelajaran daring pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist adalah (65,6%)
dirasa cukup puas.
Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik memberikan
penjelasan materi, membangun kreatifitas dan pembelajaran yang interaktif,
membuat variasi pembelajaran dengan memanfaatkan fitur yang tersedia dalam
whatsapp, menguasai TIK dalam proses pembelajaran dalam jaringan.
Kata Kunci: Whatsapp, Media Pembelajaran, Pembelajaran dalam Jaringan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Whatsapp, Media Pembelajaran, Pembelajaran dalam Jaringan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:36
Last Modified: 13 Oct 2021 02:36
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item
View Item