Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning (Studi Inovasi SDN Tambakprogaten di Tengah Wabah Covid-19)

Muhib, NIM.17116245 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I., NIDN.2116058201 (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning (Studi Inovasi SDN Tambakprogaten di Tengah Wabah Covid-19). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (990kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of skripsi PAI BAB V] Text (skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK
Muhib. 17116245. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning (Studi
Inovasi SDN Tambakprogaten di Tengah Wabah Covid-19). Penelitian ini di latarbelakangi oleh
hasil observasi di SD N Tambakprogaten yang menunjukan bahwa pembelajaran dilakukan
secara daring.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan media e-learning dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negri Tambakprogaten. (2) untuk mengetahui
kendala dalam pembelajaran yang dihadapi oleh guru-guru Pendidikan Agama Islam di SD Negri
Tambakprogaten.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
varifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis
online di SD N Tambakprogaten menggunakan Aplikasi Whatsapp, Google Classroom, dan
whatsapp group. kendala yang dialami guru selama pembelajaran daring yaitu kurangnya
pemahaman siswa ketika melakukan pembelajaran daring, kurangnya bimbingan guru
dikarenakan tidak bisa memantau langsung kondisi siswa. Hal ini dikarenakan siswa kurang
paham dengan pembelajaran yang diajarkan guru karena tidak bertatap muka langsung dan guru
sulit untuk memantau perkembangan belajar siswa. Faktor utama yang lebih penting lagi adalah
kurangnya fasilitas yang dimiliki siswa ketika belajar daring karena tidak semua siswa memiliki
Smartphone ataupun computer sebagai media pembelajaran menggunakan daring. Selain itu
faktor lain adalah kurang pahamnya siswa dan orangtua dalam mengoprasikan aplikasi
Smartphone .
Kata Kunci : Pembelajaran, E-learning, Inovasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, E-learning, Inovasi
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:37
Last Modified: 12 Oct 2021 03:37
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item