Manajemen Pembelajaran di Taman Pendidikan Al�Qur’an (TPQ) Al Anwar Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren.

Umi Isnaeni, NIM.1713099 (2021) Manajemen Pembelajaran di Taman Pendidikan Al�Qur’an (TPQ) Al Anwar Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi MPI Cover] Text (Skripsi MPI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (764kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB I] Text (Skripsi MPI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB V] Text (Skripsi MPI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB)
[thumbnail of Skripsi MPI Daftar Pustaka] Text (Skripsi MPI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK
Umi Isnaeni. 1713099. Manajemen Pembelajaran di Taman Pendidikan Al�Qur’an (TPQ) Al Anwar Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren.
Latar belakang penelitian ini adalah TPQ Al Anwar merupakan lembaga
yang cukup eksis disekitarnya, jenjang kelasnya teratur, proses pembelajaran
cukup kondusif, pendidik berkualitas, dan penilaian berjenjang.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui manajemen
pembelajaran di TPQ Al Anwar, (2) untuk mengetahui analisis SWOT
manajemen pembelajaran di TPQ Al Anwar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua TPQ, dewan pengajar,
dan santri. Teknik pengumpulan data dengan, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teori Sugiyono yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran
di TPQ Al Anwar yaitu: 1) perencanaan pembagian wali kelas, menentukan
metode dan media pembelajaran, 2) pengorganisasian membagi jadwal mengajar,
pengembangan SDM, menentukan jadwal pelajaran, 3) pelaksanaan salam, do’a,
maju secara bergantian atau berdiskusi, do’a penutup, salam, 4) penilaian buku
prestasi, kenaikan jilid, pra IMTAS, IMTAS. Analisis SWOT meliputi,
kelebihannya metode dan materi mudah dipahami, pendidik berkualitas, penilaian
berjenjang, kelemahan kurangnya SDM dan kedisiplinan, peluangnya diminati
masyarakat, mewujudkan santri berkualitas, tantangannya profesionalitas,
komunikasi, mempertahankan kualitas.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, TPQ, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, TPQ, Analisis SWOT
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:21
Last Modified: 12 Oct 2021 02:21
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item