Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Di SDTQ Al-Mustofa Kuwayuhan, Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022

Rexshy Equifalensi, NIM. 18116425 and Dr. Eliyanto, M.Pd.I., 2108058801 and Atim Rinawati, M.Pd., 2126058701 (2022) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Di SDTQ Al-Mustofa Kuwayuhan, Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (825kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (653kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (662kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (647kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (640kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (642kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan penerapan metode pembiasaan yang diterapkan di SDTQ Al-Musofa dalam membentuk karakter religius siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDTQ Al-Mustofa Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang SDTQ Al-Mustofa menerapkan pembiasaan yaitu untuk mewujudkan visi sekolah, menjaga hafalan peserta didik, serta membentuk peserta didik berkarakter religius. Keberhasilan kegiatan tersebut tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambatnya. Dimana faktor pendukung kegiatan pembiasaan tersebut adalah Program sekolah, Guru, dan Orangtua. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan pembiasaan tersebut adalah suasana hati siswa, dan kedisiplinan siswa. Dalam membentuk karakter religius siswa, SDTQ Al-Mustofa menerapkan pembiasaan berupa membaca surat pendek, membaca doa dan sholawat, muroja’ah, dan sholat dhuha bersama. Selain pembiasaan yang diteliti, terdapat pembiasaan lain yaitu mengaji dengan metode Yanbu’a. Pembiasaan ini dilaksanakan di pagi hari jam 09.00 WIB setelah pembelajaran. Pembiasaan tersebut dilaksanakan di masing-masing kelas yang dibimbing oleh santri pondok pesantren Al-Mustofa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Eliyanto, M.Pd.I. Pembimbing 2 : Atim Rinawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Pembiasaan, Karakter Religius, Latar Belakang, SDTQ Al-Mustofa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2024 03:09
Last Modified: 30 Mar 2024 03:09
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item
View Item