MUHAMMAD DZOKAR DUDAYYEV, NIM. 1913196 and Agus Salim Chamidi, M.Pd.I., 2102026601 (2023) Supervisi kyai kepada ustadz/ustadzah dalam pembelajaran kitab di pondok pesantren al-istiqomah tanjungsari, petanahan, kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (501kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (171kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (16kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan supervisi di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen. (2) Mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, di mana penyusun mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan pengasuh, dewan pengasuh, ustadz/ustadzah, sebagai subjek wawancara observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pelaksanaan supervisi di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen sudah cukup baik, dimana dalam pelaksanaan supervisi ini seorang kyai sebagai supervisor sangat membantu meningkatkan kemampuan mengajar para ustadz/ustadzah dalam proses pembelajaran sehingga sistem pembelajaran kitab di pondok pesantren al-istiqomah berjalan dengan efektif sesuai dengan visi dan misi. Faktor pendukung dari pelaksanaan supervisi (1) kecakapan dan kecerdasan supervisor, (2) sarana dan prasarana yang memadai (3) minat ustadz/ustadzah dalam pelaksanaan supervisi ini. Faktor penghambat pelaksanaan supervisi (1) ustadz/ustadzah yang tidak menerima solusi oleh supervisor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Agus Salim Chamidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Pembelajaran Kitab, Kyai, Pondok Pesantren Al-Istiqomah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:06 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:06 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1119 |