Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Fikih Pada Kelas V di MI Ma’arif Kaliputih Alian

Desillia Uswatun Hasanah, NIM. 19116683 and Dr. Slamet Mujiono, S.Ag., M.Hum., 2107076601 (2023) Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Fikih Pada Kelas V di MI Ma’arif Kaliputih Alian. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (925kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (204kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi penggunaan berbagai media pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil motivasi belajar siswa yaitu media audio visual. Pembelajaran Fikih dengan menggunakan media audio visual ini berjalan dengan aktif di ruang kelas, siswa merespon untuk mengikuti pembelajaran sesuai intruksi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan mengenai proses pemanfaatan media audio-visual dalam pembelajaran fikih pada siswa kelas V di MI Ma’arif Kaliputih; (2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Kaliputih dengan memanfaatkan media pembelajaran audio-visual Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MI Ma’arif Kaliputih Alian. Kepala Sekolah MI Ma’arif Kaliputih dan guru fikih kelas V di MI tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data/Display Data, dan (3) Kesimpulan/verification. Hasil penelitian ini adalah (1) media audio visual yang diaplikasikan oleh guru di kelas v, peserta didik dapat memahami materi yang dipalajari serta menghilangkan kebosanan siswa dengan pembelajaran yang aktif dan menarik. (2) Guru Fikih menggunakan penilaian salah satunya pre test dan post test sebagai acuan dalam motivasi siswa. Dalam penggunaan media audio visual pada pembelajaran fikih, materi sedekah ini nilai siswa meningkat dan banyak siswa yang nilainya hampir sempurna dengan post test tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Slamet Mujiono, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media, Media Audio Visual, Fikih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:17
Last Modified: 15 Jan 2024 03:17
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item
View Item