Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Moral Religius Di SMK Ma’arif 6 Ayah

Alfiatin Khasanah, 18116468 and Imam Subarkah, M.Pd., 2129078202 and Oky Ristya Trisnawati, M.Pd., 2106109102 (2023) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Moral Religius Di SMK Ma’arif 6 Ayah. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (775kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)

Abstract

endidikan Agama Islam di kelas X MA SMK Ma’arif 6 Ayah; (2) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X MA SMK Ma’arif 6 Ayah; (3) Untuk megetahui factor pendukung dan factor penghambat pembelajaran Pendidikan Islam. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif, siswa yang diteliti adalah siswa kelas X MA SMK Ma’arif 6 Ayah sejumlah 34 siswa. Sumber data dalam penelitian adalah guru dan siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data deskriptif dengan menggunakan pola berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Suatu pembelajaran dikatakan efektif, Ketika terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa untuk mencapai suatu tujuan. Tentu dengan cara memfasilitasi pengetahuan dan ketrampilan siswa melalui aktivitas yang dapat membantu siswa dalam belajar; (2) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif 6 Ayah kelas X MA sudah terbilang efektif di mana guru tidak hanya menggunakan teori pada saat pembelajaran berlangsung tetapi juga menerapkan beberapa praktik-praktik materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam; (3) Faktor pendukungnya adalah siswa memiliki minat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sedangkan faktor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang sulit diatur dan menyepelekan apa yang guru jelaskan ketika pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Imam Subarkah, M.Pd. Pembimbing 2 : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendidikan Agama Islam, Moral Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:58
Last Modified: 11 Jan 2024 07:58
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item