Efektivitas Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Balo Gesikan

Kuni Barorotul Lovenida, 19116696 and Mustajab, M.Pd.I., 2130018601 (2023) Efektivitas Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Balo Gesikan. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (943kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat pentingnya pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang efektif guna meningkatkan kualitas para penghafal baik dari segi bacaan maupun kelancaran hafalannya. Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui kegiatan pembelajaran tahfidz Al Qur’an di pondok pesantren Al-Falah Balo Gesikan. (2) mengetahui efektivitas pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Falah Balo Gesikan. (3) mengetahui hambatan yang dialami selama proses pembelajaran dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Falah Balo Gesikan dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode sorogan. (2) Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Falah Balo sudah efektif dengan ditandai terlaksananya indikator yang sudah ditentukan dengan baik, yaitu aspek ilmiah, aspek amaliah dan aspek bacaan. (3) Hambatan yang sering dialami selama proses pembelajaran seperti : mengantuk, malas, kurang bisa membagi waktu, sakit, dan lawan jenis. Solusi yang dapat dilakukan yaitu : mengatur waktu untuk istirahat, mengaji, nderes, dan melakukan aktivitas lainnya, mengatur pola makan, dan mengurangi interaksi dengan lawan jenis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Mustajab, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:25
Last Modified: 09 Jan 2024 03:25
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item
View Item