Implementasi Metode Iqro Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Raudlatul Huda Desa Peniron Kecamatan Pejagoan

Chandra Agus Latfi, 19116757 and Ahmad Murtajib, MA., 2125077301 (2023) Implementasi Metode Iqro Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Raudlatul Huda Desa Peniron Kecamatan Pejagoan. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (625kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (382kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui proses implementasi metode Iqro untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an metode Qiraati di TPQ Raudlatul Huda Desa Peniron Kecamatan Pejagoan, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Iqro dalam pembelajaran Al�Qur‟an di TPQ Raudlatul Huda Desa Peniron Kecamatan Pejagoan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah Pembina, Kepala, Guru dan Santri TPQ Raudlatul Huda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode iqro di TPQ Raudlatul Huda dilakukan melalui tiga langkah pertama yaitu pembukaan pembelajaran yang berisikan tentang pembelajaran mengenai aspek keislaman seperti materi mengenai rukun islam, rukun iman, do‟a-do‟a
harian dan suraha�surah pendek. Kedua praktek latiha membaca yaitu ustad atau ustazah memberikan contoh pokok bacaan kemudian dilanjutkan praktek membaca oleh santri. Ketiga penutupan pembelajaran, pada sesi ini berisikan refleksi untuk memastikan bahwa santri memahami pembelajaran dengan baik dilanjutkan do‟a penutup. Kemudian juga dilakukan evaluasi harian dan evaluasi saat akan kenaikan jilid. Kemampuan dan kelancaran baca Al-Quran TPQ Raudlatul Huda beragam ada yang harus diulang-ulang, ada juga yang cepat dengan sendirinya. Sedangkan ketepatan makharijul hurufnya secara umum sudah mahir, namun terdapat beberapa santri yang belum lancar terutama kelas 1, sementara kelas 2 dan 3 rata-rata sudah lancar. Kemudian ketepatan sesuai dengan tajwid mereka dapat membaca membaca Al-Qur‟an sesuai ilmu tajwid karena ada peningkatan yang dulunya iqro naik ke tingkat yang lebih tinggi. Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya yaitu faktor latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, dan sertifikasi atau pelatihan membaca Al-qur‟an, sedangkan faktor penghambat diantaranya kurang guru, waktu pembelajaran terbatas dan kondisi kelas yang sempit. Adapun solusi untuk menyelesaikan faktor penghambat tersebut yaitu, pertama membuka rekrutmen guru pengajar, mengatur waktu pembelajaran, pembelajaran dilakukan di luar kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Murtajib, MA.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Iqro, Pembelajaran Al-Qur‟an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:27
Last Modified: 05 Dec 2023 01:27
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item
View Item