Implementasi Metode Iqro dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ As-Salam Desa Bejiruyung Sempor Kebumen

Hilmi Wafa Luthfiyyah, NIM.19116727 and Nginayatul Khasanah, M.Pd.I, . (2023) Implementasi Metode Iqro dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ As-Salam Desa Bejiruyung Sempor Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (354kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (271kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB)

Abstract

ABSTRAK
Al-Qur′an memuat segala aturan serta semua aspek kehidupan manusia. Kewajiban belajar Al-Qur′an menjadi hak setiap manusia untuk mengenalkan AlQur′an sejak dini, sebagai langkah yang utama dengan cara mengenalkan hurufhuruf hijaiyah, belajar melafalkan sesuai makhorijul huruf dengan jelas dan benar. Oleh sebab itu dibutuhkan metode yang tepat, salah satunya adalah metode Iqro′. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti: (1) Implementasi metode Iqro′ di TPQ AsSalam Desa Bejiruyung Sempor Kebumen, (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Iqro′ dalam proses belajar Al-Qur′an santri TPQ As-Salam Desa Bejiruyung Sempor Kebumen. Penulis melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif secara deskriptif, sehingga hasil penelitian yang diperoleh berupa data uraian. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian reduksi data, di sajikan dan diambil kesimpulan dari data yang di peroleh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode Iqro′ sangat mendukung dan efektif dalam proses peningkatan kemampuan membaca AlQuran bagi para santri Taman Pendidikan Al-Qur'an As-Salam sesuai kaidah ilmu
tajwid. Faktor pendukung dan penghambat: (a) Faktor pendukung, semangat santri tinggi untuk belajar, adanya pengajar pembantu, kemampuan ustadz/ustadzah yang terampil dan dukungan wali santri. (b) Faktor penghambat,
karakter santri yang berbeda-beda, sikap dan tindakan santri yang kurang baik, serta Iqro′ yang kurang memadai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nginayatul Khasanah, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:51
Last Modified: 01 Nov 2023 02:51
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item
View Item