Farhan Syifaudin, NIM.19116655 and Drs. H. Makhrur Adam Maulana, M.Ag, . (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS Ⅷ DI MTs SALAFIYAH WONOYOSO KEBUME. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
BAB 0 (31102023) PDF.pdf - Published Version
Download (790kB)
BAB 1 (3102023) PDF.pdf - Published Version
Download (432kB)
BAB 2 (3102023) PDF.pdf - Published Version
Download (574kB)
BAB 3 (3102023) PDF.pdf - Published Version
Download (404kB)
BAB 4 (31102023) PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (734kB)
BAB 5 (31102023) PDF.pdf - Published Version
Download (452kB)
BAB 6 (31102023) DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version
Download (281kB)
Abstract
ABSTRAK
Farhan Syifaudin, 19116655, Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas Ⅷ di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, 2023.
Media pembelajaran merupakan perantara yang dapat menyampaikan informasi materi Al-Qur’an Hadits yang bersifat abstrak kepada peserta didik yang masih berada pada tahap berfikir konkrit. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari seorang guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas Ⅷ. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian efektivitas penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa: pendidik memanfaatkan media pembelajaran seperti media buku, LKS,
televisi, OHP, tape recorder. Prestasi belajar peserta didik sebelum penggunaan media sangat susah dan tampak kewalahan berbeda saat setelah penggunaan media peserta didik mengalami peningkatan utamanya mata pelajaran Al-Qur’an Hadits nilai setelah KKM hasilnya yaitu 62,5. Bentuk upaya efektifnya yaitu menjadikan media sebagai disiplin ilmu, penggunaan media dalam peningkatan hasil belajar,
penerapan fungsi penggunaan media. Faktor pendukung, a. Tersedianya media, waktu untuk menggunakan media. Faktor penghambat, b. Peserta didik yang terlambat, lupa membawa buku, suasana kelas yang ramai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Makhrur Adam Maulana, M.Ag |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 02:37 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:37 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1005 |