Nur Nihayatul Fitroh, NIM. 19116738 and Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M, . (2023) Pembentukan Karakter Melalui Takhassus di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (590kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (357kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (24kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (74kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (140kB)
Abstract
ABSTRAK
Nur Nihayatul Fitroh. 19116738. Pembentukan Karakter Melalui
Takhassus di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalis : 1) Bagaimana
pembentukan karakter di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen dan 2) Apa saja faktor penghambat pembentukan karakter siswa di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data,penyajian data, dan verifikasi atau data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembentukan karakter melalui takhassus di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen yaitu dengan a. Pembiasaan diantaranya hafalan
menggunakan metode istima’i, berdo’a sebelum takhassus, motivasi pagi sekitar 15 menit, kegiatan muroja’ah mandiri, dan muroja’ah bersama, b. Pengertian diantaranya pemberian motivasi, pemberian contoh yang baik serta sering mengingatkan, c. Keteladanan dari ustadz misalnya
ustadz datang lebih awal daripada muridnya,ustadz, menggunakan bahasa yang tepat dan mudah diterima, serta menggunakan bahasa yang santun, sedangkan keteladanan isi kandungan bacaan yang dihafalkan yaitu sifat santun Rasulullah SAW kepada para pembencinya. 2) Faktor penghambat pembentukan karakter siswa di SDIT Lukmanul Hakim
Puring Kebumen yaitu a. Faktor anak itu sendiri seperti karakter masing-masing anak yang berbeda dan anak kurang fokus, b. Sikap pendidik, dan c. Lingkungan tempat bermain yaitu anak temannya mempunyai kebiasaan yang berlawanan dengan pembentukan karakter di sekolah dan di rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : .Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 02:18 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:18 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1004 |