Peran Guru Kelas terhadap Pembinaan Ibadah Peserta Didik di SD Alam Lukulo Kebumen

Lukman Amin, NIM.1712800 (2021) Peran Guru Kelas terhadap Pembinaan Ibadah Peserta Didik di SD Alam Lukulo Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PGMI Cover] Text (Skripsi PGMI Cover)
1) COVER.pdf - Published Version

Download (784kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB I] Text (Skripsi PGMI BAB I)
2) BAB I.pdf - Published Version

Download (542kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB V] Text (Skripsi PGMI BAB V)
6) BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of Skripsi daftar pustaka] Text (Skripsi daftar pustaka)
7) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB)

Abstract

ABSTRAK
LUKMAN AMIN. 1713106: Peran Guru Kelas terhadap Pembinaan Ibadah
Peserta Didik di SD Alam Lukulo Kebumen.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan peran guru Kelas
terhadap pembinaan ibadah peserta didik kelas III di SD Alam Lukulo Kebumen.
(2) Untuk menganalisis problematika dalam pembinaan ibadah peserta didik kelas
III di SD Alam Lukulo Kebumen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, di mana penyusun
mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara
dengan kepala sekolah, guru kelas dan beberapa wali murid sebagai key
informant (pemberi informasi kunci di sekolah) serta observasi terhadap
fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data
tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan
untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian peran guru kelas terhadap pembinaan ibadah peserta
didik kelas III di SD Alam Lukulo Kebumen terdiri dari a) Guru kelas sebagai
pendidik dimana bu Musailmah Miftachurrizqi memiliki tanggungjawab untuk
mengajar dan tidak hanya mengajarkan teori kepada siswa siswi, tetapi
bertanggungjawab untuk senantiasa membina dan mengarahkan agar memiliki
tanggungjawab dalam hal beribadah, b) Guru kelas sebagai motivator dimana Ibu
Musailamah Miftachurrizqi selalu memberikan motivasi (pendorong,
penyemangat, penggiat dll) terhadap siswa-siswinya untuk untuk selalu giat
belajar dan motivasi peserta didik untuk selalu rajin dalam melalukan ibadah, c)
Guru kelas sebagai pembimbing, dimana Ibu Musailamah Miftachurrizqi selalu
membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya
dan membimbing siswa agar dapat menerapkan materi ibadah dalam kehidupan
sehari-hari, d) Guru kelas sebagai teladan, dimana Ibu Musailamah
Miftachurrizqi selalu memberikan contoh yang baik kepada peserta didik agar
apa yang mereka lihat dapat ditirukan, dipraktekan dan menjadi sebuah teladan
yang baik bagi siswa-siswinya, e) Guru kelas sebagai demonstrator, dimana Ibu
Musailamah Miftachurrizqi mampu menampilkan dan memperagakan ilmu
pengetahuan secara menarik dan mudah dicerna sehingga dapat diterima oleh
siswa dan f) Guru kelas sebagai fasilitator, dimana dimana Ibu Musailamah
Miftachurrizqi selalu mengajak dan membawa seluruh peserta didik yang ada di
kelasnya untuk berpartisipasi aktif terhadap proses kegiatan belajaran mengajar.
Sedangakan dalam problematika pembinaan ibadah terbagi menjadi dua yaitu
faktor intern yang bersasal dari diri siswa sendiri dan faktor ekstern yang berasal
dari luar diri siswa.
Kata kunci: Peran Guru, Pembinaan Ibadah dan SD Alam Lukulo Kebumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembinaan Ibadah dan SD Alam Lukulo Kebumen
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2021 08:39
Last Modified: 10 Oct 2021 08:39
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item
View Item