EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN INKLUSIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF SIDOMULYO KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN

SITI ASRIYATUL GHONIMAH, NIM.17116275 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN INKLUSIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF SIDOMULYO KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI  Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Asriyatul Ghonimah 17116275 Efektivitas Penggunaan Media untuk
Pembelajaran Inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Sidomulyo Kecamatan
Ambal Kabupaten Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui media yang efektif
untuk pembelajaran di sekolah inklusif MI Ma‟arif Sidomulyo Kecamatan Ambal
Kabupaten Kebumen; (2) Untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media
untuk pembelajaran di sekolah inklusif MI Ma‟arif Sidomulyo Kecamatan Ambal
Kabupaten Kebumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari unsur kepala
madrasah, penanggungjawab program inklusif dan guru pendamping khusus.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran yang
efektif bagi anak berkebutuhan khusus, adalah media yang sesuai dengan tingkat
pemahaman serta adanya kesesuaian antara materi pelajaran dengan medianya.
Beberapa media pembelajaran yang digunakan diantaranya; Media Gambar,
Media Audio, Media Kartu Huruf, Media Kartu Baca, Media Puzzle Huruf, dan
Media Sempoa. Kefektifan penggunaan media pembelajaran di sekolah inklusif
dapat meningkatkan minat belajar siswa inklusif dan mempermudah dalam
menangkap materi yang disampaikan.
Kata kunci: Efektivitas, Media Pembelajaran, Inklusif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Inklusif.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2021 07:54
Last Modified: 19 Sep 2021 07:54
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item
View Item