MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL AZHAR KALIJAYA ALIAN KEBUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19

Nur Amin, NIM.17116363 (2021) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL AZHAR KALIJAYA ALIAN KEBUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (530kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (353kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK
Pandemi COVID-19 pun memiliki pengaruh besar terhadap dunia
pendidikan yang semula pelaksanaan pembelajaran dilakukan didalam
kelas dengan cara tatap muka antara guru dan siswa, tetapi pada era
pandemic ini pelaksanaan pembelajaran dilaksanankan di rumah masing�masing atau Pembelajaran Jarak Jauh atau Pembelajaran Daring . Hal ini
dilakukan pemerintah dengan maksud untuk memutus rantai penyebaran
pandemic COVID-19 yang masih terjadi saat ini
Dimasa Pandemi saat ini banyak ditemukan berbagai masalah
didalam pendidikan banyak kendala terutama dari tenaga pendidikan
disaat pemerintah membatasi aktifitas serta berkumpul hal inialah yang
menyudutkan penyedia pendidikan agar tetap berjalan sesuai rencana
pembelajaran pada awalnya, Agar tercipta berlangsungya pembelajaran
Menteri PedIdidikan mengeluarkan maklumat agar menggelar pendidikan
jarak jauh atau daring, namun tak semudah menggelar tikar kebijakan
demikian terkendala berbagai hal.
Berdasarkan masalah yang penulis temukan di atas, adapun tujuan
dari penelitian ini : Untuk mengetahui Model Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Kelas IX A MTs Al Azhar Desa Kalijaya Kecamatan
Alian Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2020/2021 serta Untuk
mengetahui implementasi model pembelajaran PAI pada siswa – siswi
Kelas IX A MTs Al Azhar Desa Kalijaya Kecamatan Alian Kabupaten
Kebumen Tahun Pelajaran 2020/2021 ,
Proses pembelajaran di MTs Al Azhar berjalan sesuai rencana
pembelajaran, Menurut Bpk Hadi Winarto S.Ag.M.Pd Kepala Madrasah
MTS AI Azhar system pembelajaran dimasa pandemi yaitu dengan model
pembelajaran daring. Dan kebanyakan bapak ibu guru menggunakan
whatsap untuk memberikan tugas atau mengirim video dll, Kefektifan
pembelajaran agama di MTs Al Azhar hanya 60 % dikarenakan minat baca
siswa rendah, Apa lagi pembelajaran SKI yang rata rata mendengarkan
dan membaca cerita , dengan adanya pembelajaran daring, siswa minat
bacanya rendah , jadi sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang berjudul Model Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di MTs Al Azhar Kalijaya Alian Kebumen di Masa Pandemi
Covid-19 , Penulis menyimpulkan sebagai berikut : Model Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas IX A MTs Al Azhar kurang efektif karena
lebih aktif di grup WhatApps saja, karena pembelajaran PAI
membutuhkan praktek sedang tatap muka secara virtual jarang di gunakan,
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IX A MTs Al Azhar
sudah baik namun kurang sedikit efektif di karenakan banyak siswa yang
tidak mengikuti pembelajaran dan hasil belajarpun menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:38
Last Modified: 18 Jul 2022 07:38
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item
View Item