HAMBATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD N 1 BUMIREJO KEBUMEN DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMAMASA PANDEMI COVID 19

Desyana Nurul Laela, NIM.17116265 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) HAMBATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD N 1 BUMIREJO KEBUMEN DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING SELAMAMASA PANDEMI COVID 19. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB)

Abstract

ABSTRAK
Desyana Nurul Laela. 17116265. Hambatan Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Di Kelas V SD N 1 Bumirejo Kebumen Dalam Penerapan Pembelajarang
Daring Selama Masa Pandemi Covid 19.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di kelas V SD N 1 Bumirejo
Kebumen; (2) untuk mengetahui hambatan peembelajaran PAI di kelas V SD N 1
Bumirejo Kebumen dalam pelaksanaan pembelajaran daring; (3) untuk
mengetahui alternatif yang dilakukan guru PAI di SD N 1 Bumirejo Kebumen
dalam meminimalisir hambatan dalam pelaksaaan pembelajaran daring.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek adalah Kepala Sekolah dan Guru
PAI SD N 1 Bumirejo Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) selama masa
pandemi covid di SD N 1 Bumirejo Kebumen menggunakan sistem pembelajaran
daring berdasaran SK dari Dinas Pendidikan setempat dan SK bupati dengan
memanfaatkan watsapp sebagai medianya; (2) hambatan utama yang ditemui
dalam pembelajaran PAI di SD N 1 Bumirejo Kebumen adalah masalah fasilitas
yaitu dari faktor peserta didiknya yang belum semuanya memiliki handphone
pribadi; (3) upaya guru untuk mengatasi hambatan tersebut dengan memberikan
print out berupa tugas-tugas maupun materi dan juga menjalin kerjasama dengan
orang tua atau wali peserta didik.
Kata kunci: Hambatan pembelajaran, Pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hambatan pembelajaran, Pembelajaran daring.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:46
Last Modified: 05 Apr 2022 03:46
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item