MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DI MI MUHAMMADIYAH BODASKARANGJATI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

ARIF KUSWORO, NIM. 1910590 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DI MI MUHAMMADIYAH BODASKARANGJATI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover] Text (Tesis Cover)
1. CAVER TESIS ARIF KUSWORO FIX.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
2. Bab 1.2.3 Tesis Arif Kusworo.pdf - Published Version

Download (785kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
bab V.pdf - Published Version

Download (653kB)

Abstract

ABSTRAK
Futihatul Hadiqoh, NIM: 1910590. Manajemen Pendidikan Karakter
dalam Membangun Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah
Mangunweni Ayah Kebumen, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen,
2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah fenomena krisis pendidikan
karakter yang menjadi masalah utama mengapa sekarang jarang sekali ditemukan
pemimpin yang bijaksana dan berakhlak mulia. Di sisi lain, bahwa manusia adalah
makhluk sosial yang harus peka dengan realita sosial, saling menghargai antar
sesama dan dapat mengikuti perkembangan zaman. Di situlah manusia dituntut
untuk memiliki pendirian, karakter kepemimpinan untuk dapat memimpin diri
sendiri dan orang lain ke jalan yang benar. Maka akan lebih baik jika seseorang
dikenalkan dengan dunia pesantren sehingga dapat terarah karakternya menjadi
seorang pemimpin melalui manajemen pendidikan karakter yang ada di pesantren.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengendalian pendidikan karakter dalam membangun
kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mangunweni, Ayah,
Kebumen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus pada penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Ummah.
Peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan
model interaktif dengan alur: pencatatan data, reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pendidikan karakter
dalam membangun kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah
dilaksanakan dengan: 1) Perencanaan melalui tiga cara yaitu: a) Mengadopsi
salafiyah modern yang berafiliasi kepada paham Ahlu Sunnah Wal Jama‟ah An
Nahdliyah, b) Berdasarkan pada tiga prinsip yaitu: Takhalli, Tahalli, dan Tajalli,
c) Pendidikan diarahkan pada ranah ilmu thariqoh, ilmu agama, ilmu umum, dan
keterampilan. 2) Pengorganisasian melalui dua cara yaitu: a) Mengoptimalkan
peran struktur organisasi, b) Memberdayakan Madrasah Diniyah. 3) Pelaksanaan
melalui tiga cara yaitu: a) Diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari santri
mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, b) Melaksanakan pendidikan hati,
pendidikan akal, dan pendidikan keterampilan, c) Menggunakan metode
pembiasaan. 4) Pengendalian dilakukan dengan empat cara yaitu: a) Melakukan
rapat evaluasi atau pertemuan yang dilakukan setiap tiga bulan sekali antara
yayasan, dan pengurus pondok, b) Membuat peraturan atau tata tertib santri untuk
meminimalisir terjadinya hal yang menyimpang, c) Melakukan reorganisasi
pengurus pondok, d) Pengasuh memberikan motivasi dan arahan yang positif
kepada para santri.
Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter, Kepemimpinan Santri

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter dan Pembiasaan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:12
Last Modified: 07 Feb 2022 07:12
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item
View Item