PERAN GURU DAN ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA’ARIF KARANGREJO KARANGGAYAM KEBUMEN

Titis Istighfarin, NIM.17116330 and Mustajab, M.Pd.I, NIDN.2130018601 (2021) PERAN GURU DAN ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA’ARIF KARANGREJO KARANGGAYAM KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. Cover.pdf - Published Version

Download (664kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK
Titis Istighfarin (17116330): “Peran Guru Dan Orangtua Terhadap Kedisiplinan
Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif Karangrejo
Karanggayam Kebumen”
Guru dan Orang tua memiliki andil besar dalam pendidikan, terutama dalam
meletakkan dasar-dasar disiplin pada anak. Disiplin tidak bisa terbangun secara
instan. Peran guru dan orang tua dalam membina kedisiplinan salah satunya yaitu
orang tua dan guru sebagai motivator dan pengawas. Namun selama masa pandemi
covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara daring, terlihat kurangnya pengawasan
orang tua terhadap proses belajar anak karena kesibukannya dalam pekerjaan dan
kurangnya motivasi orang tua karena orang tua.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)
Bagaimana upaya guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar
siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Ma'arif Karangrejo Karanggayam
Kebumen? (2) Apa saja kendala guru dan orangtua terhadap kedisiplinan belajar
siswa dalam masa pandemi covid-19 di MI Ma'arif Karangrejo Karanggayam
Kebumen?.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan
(field work), dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru dan orang tua sebagai
motivator dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi
covid-19 di MI Ma’arif Karangrejo Karanggayam Kebumen diwujudkan dalam
bentuk pemberian perhatian dengan ikut serta mengontrol waktu belajar anak,
memantau perkembangan akademik, serta memantau perkembangan kepribadian
anak. Sedangkan peran guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan belajar siswa
dilakukan dengan memberikan perhatian, dan motivasi yang mendorong siswa agar
menjadi rajin dan semangat dalam belajar. Upaya Guru dan orang tua dalam
membentuk kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan
cara orang tua menerapkan teknik disiplin yang mana guru memberi
materi,motivasi,dan award kepada siswa sedangkan orang tua mengajarkan disiplin
dengan membuat peraturan di rumah dari hasil diskusi dengan anak.
Kata Kunci : Peran Guru dan Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Pandemi Covid

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Pandemi Covid�19
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2022 06:32
Last Modified: 06 Feb 2022 06:32
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item
View Item