Metode Pembelajaran PAI Berbasis Video Cerita Animasi Kelas 2 SD Negeri Kaliputih Pada Masa Covid 19 Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Kebumen: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.

Jarir Irfangi, NIM.17116324 and Slamet Mujiono, S. Ag, M. Hum, NIDN.2107076601 (2021) Metode Pembelajaran PAI Berbasis Video Cerita Animasi Kelas 2 SD Negeri Kaliputih Pada Masa Covid 19 Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Kebumen: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (711kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of Skripksi PAI BAB III] Text (Skripksi PAI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK
Jarir Irfangi 17116324. Metode Pembelajaran PAI Berbasis Video Cerita
Animasi Kelas 2 SD Negeri Kaliputih Pada Masa Covid 19 Tahun Pelajaran
2020/2021. Skripsi. Kebumen: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.
Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui bagaimana metode
pembelajaran PAI berbasis video animasi kelas 2 SD Negeri Kaliputih
Kutowinangun, (2) untuk mengetahui seberapa besar motivasi serta semangat
belajar peserta didik kelas 2 SD Negeri Kaliputih dalam menggunakan metode
pembelajaran PAI berbasis video animasi.
Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru
PAI, metode pembelajaran, siswa kelas 2, orang tua peserta didik. Kemudian
dianalis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa (1) Dalam menggunakan
metode pembelajaran video animasi untuk perisiapanya, guru mempersiapan
segala sesuatunya, dari materi, bahan video, bahan editing dan media dalam
penyampaian kepada peserta didik agar materi dapat tersampaikan denga baik.(2)
Metode pembelajaran video animasi memberikan semangat dan motivasi belajar
peserta didik karena di dalam video pembelajaran menggunakan vitur dan gambar
yang menarik, sehingga video pembelajaran tidak membosankan peserta didik.
Peran, dorongan serta motivasi orang tua dalam proses pembelajaran peserta didik
sangatlah penting, dari mulai memberikanya fasilitas media pembelajaran,
pendampingan belajar dengan mengontrol dan mengawasi peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran PAI.
Kata kunci : Metode Video Animasi, Pembelajaran PA

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Metode Video Animasi, Pembelajaran PAI
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:59
Last Modified: 24 Jan 2022 02:59
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item
View Item