MANAJEMEN BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGPAKIS NUSAWUNGU CILACAP

SITAM, NIM. 1910613 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN : 2123027201 (2021) MANAJEMEN BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGPAKIS NUSAWUNGU CILACAP. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Sitam bab 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (460kB)

Abstract

ABSTRAK
Sitam, NIM. 1910613. Manajemen Blended Learning Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

MI Ma’arif NU 02 Karangpakis Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, pada masa pandemi covid 19 menerapkan model blended learning pada pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah, pertama bagaimana perencanaan blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis, kedua bagaimana pelaksanaan blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis dan ketiga bagaimana evaluasi blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi dengan model analisis interaksi Miles dan Huberman dengan alur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian disimpulkan, pertama perencanaan blended learning mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU 02 Karangpakis meliputi perencanaan pada level lembaga, yaitu persiapan sarana dan prasarana pendukung blended learning dan perencanaan pada level guru, yaitu menetapkan materi, menetapkan tujuan, menyusun silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menetapkan strategi, metode dan media, menetapkan kegiatan pembelajaran, merencanakan evaluasi dan menetapkan langkah tindak lanjut, kedua pelaksanaan blended learning, yaitu penyampaian materi oleh guru kepada siswa melalui serangkaian kegiatan membelajarkan siswa secara aktif, kreatif, produktif dan menyenangkan dengan menerapkan berbagai strategi dan metode serta penggunaan media dan alat peraga untuk mencapai tujuan pembelajaran dan ketiga evaluasi belended learning mencakup evaaluasi terhadap pelaksanaan blended learning dan evaluasi hasil belajar siswa

Kata Kunci: Manajemen Blended Learning, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Blended Learning, Akidah Akhlak
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2022 03:24
Last Modified: 16 Jan 2022 03:24
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item
View Item