SUSIYANTI, NIM 1910596 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP DALAM UPAYA PENINGKATAN OUTCOME SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAARUL AITAM NURUL IMAN KURIPAN KIDUL KESUGIHAN CILACAP. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
Cover pdf.pdf - Published Version
Download (1MB)
Tsis BAB I.pdf - Published Version
Download (666kB)
Tsis BAB III.pdf - Published Version
Download (604kB)
Susiyanti bab 5 pdf.pdf - Published Version
Download (594kB)
Abstract
ABSTRAK
SUSIYANTI: Manajemen Pembelajaran Entrepreneurship Dalam Upaya Peningkatan Outcome Santri Di Pondok Pesantren Daarul Aitam “Nurul Iman” Kuripan Kidul Kesugihan Cilacap. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh pentingnya pembelajaran entrepreneurship dalam upaya meningkatkan outcome santri. rmasalahan hasil pembelajaran yang kurang memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran Entrepreneurship dalam Upaya Peningkatan Outcome Santri di Pondok Pesantren Daarul Aitam “Nurul Iman” Kuripan Kidul Kesugihan Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Perencanaan Pembelajaran Entrepreneurship dalam Upaya Peningkatan Outcome Santri di Pondok Pesantren Daarul Aitam “Nurul Iman” Kuripan Kidul Kesugihan Cilacap dilakukan dalam dua bentuk, yakni perencanaan berbasis teori, dan perancanaan berbasis praktek. Keduanya dilakukan sebagai dasar agar pembelajaran kewirausahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaannya; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Entrepreneurship dalam Upaya Peningkatan Outcome Santri di Pondok Pesantren Daarul Aitam “Nurul Iman” Kuripan Kidul Kesugihan Cilacap diimplementasikan juga dalam dua bentuk, yakni Pelaksanaan pembelajaran berbasis teori diwujudkan dalam sistem pendidikan Pesantren Enterpreneur. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran berbasis praktek dilakukan dengan berusaha merintis usaha dalam bidang kuliner, pertanian, peternakan, dan penyulingan air di bawah bimbingan para mentor/fasilitator; (3) Evaluasi Pembelajaran Entrepreneurship dalam Upaya Peningkatan Outcome Santri di Pondok Pesantren Daarul Aitam “Nurul Iman” Kuripan Kidul Kesugihan Cilacap dibagi dalam dua bentuk, yakni Untuk mengkaji evaluasi pembelajaran berbasis teori ini menggunakan model evaluasi yaitu evaluasi model CIPP (Context, Input, Proses, and Product). Model ini peneliti anggap penting untuk mengkaji sejauh mana keberhasilan dalam pembelajaran tersebut. Sedangkan materi pembelajatan berbasis praktek didesain secara komprehensif yang berlandaskan pada kebutuhan santri untuk memulai usaha. Pendidik hanya menjadi fasilitator dan mentor untuk memenuhi kebutuhan intelektual santri, kalau peneliti mengklasifikasikan materi yang diajarkan menjadi psikologi, menejemen bisnis, jenis bisnis, marketing untuk kemudian mereka terapkan secara riil dalam merintis bentuk usaha.
Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran Entrepreneurship, dan Outcome Santri
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran Entrepreneurship, dan Outcome Santri |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 07:31 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 07:31 |
URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/158 |