PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA LANTING BUMBU

Nofa Retnowati, NIM.17.21090 and Abdul Waid, S.H.I., M.S.I, NIDN.2116078202 (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA LANTING BUMBU. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi ES Cover] Text (Skripsi ES Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi ES BAB I] Text (Skripsi ES BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[thumbnail of skripsi ES BAB V] Text (skripsi ES BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of Skripsi ES Daftar Pustaka] Text (Skripsi ES Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan
inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada lanting bumbu Bangkit Jaya
Desa Lemah Duwur Kecamatan Kuwarasan. Desa Lemah Duwur merupakan desa
sentral industri lanting terbesar di Kabupaten Kebumen. Peneliti tertarik untuk
meneliti desa tersebut dengan mengambil tema analisis pengaruh kualitas produk
dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada lanting bumbu.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini
adalah konsumen lanting bumbu Bangkit Jaya dengan menggunakan metode
nonprobability sampling dengan rumus jumlah sampel untuk populasi besar
(diketahui) sehingga diperoleh 50 konsumen lanting bumbu Bangkit Jaya. Dengan
variabel independen kualitas produk (X1) dan Inovasi Produk (X2) terhadap
Keunggulan Bersaing (Y). Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab
tujuan peelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel kualitas produk (X1)
secara parsial memiliki signifikan terhadap keunggulan bersaing dilihat dari uji t
yaitu sebesar t hitung (3,835) > t tabel (1,678), (2) Variabel inovasi produk (X2)
secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan tehadap keunggulan bersaing
dengan nilai t hitung (1,183)< t tabel (1,678). (3) Hasil pengujian menunjukkan bahwa
variabel kualitas produk (X1) dan variabel inovasi produk (X2) secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, dengan Dengan nilai F hitung
(27,757) > F tabel (3,200).
Kata Kunci: Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:48
Last Modified: 11 Oct 2021 02:48
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item