IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN

Amalia Fauziyah, NIM.17116287 (2021) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi  PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of Skripsi PAI] Text (Skripsi PAI)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB)
[thumbnail of Skripsi daftar Pustaka] Text (Skripsi daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK
Amalia Fauziah. Implementasi pembiasaan spiritual dalam pembelajaran
daring pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif 4
Kebumen.
Riset ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiasan spiritual serta
faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pembiasaan
spiritual pada pembelajaran daring. Adapun masalah yang diangkat yaitu tentang
implementasi pembiasaan spiritual yang terbiasa diaplikasikan dalam
pembelajaran offline harus diimplementasikan dalam pembelajaran online.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan melalui pendekatan
kualitatif. Ditinjau dari segi desain, penelitian ini tergolong penelitian deskriptif
yaitu mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian dengan menggunakan
metode kualitatif deskriptif, dan analisis data, kemudian menyajikannya dan
menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yang terhitung
mulai bulan Juni sampai bulan Agustus 2021.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa; (1)
pembiasan spiritual dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI
diterapkan guna untuk meneguhkan iman dan taqwa peserta didik kepada Allah
SWT. Adapun pembiasaan spiritual yang diterapkan yaitu; 5 S (salam, senyum,
sapa, sopan dan santun), pembacaan do’a sebelum pembelajaran, membaca Al�Qur’an, shalat berjama’ah, shalat dhuha dan infaq. (2) Faktor pendukung
implementasi pembiasaan spiritual dalam pembelajaran daring pada mata
pelajaran PAI diantaranya; kemajuan teknologi, inovasi guru PAI, lingkungan
tempat tinggal, sedangkan faktor penghambatnya yaitu; jaringan internet, kuota
internet, rasa malas. Implementasi pembiasaan spiritual melibatkan orangtua,
lingkungan, guru dan peserta didik.
Kata Kunci: Pembiasaan Spiritual, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Spiritual, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2021 08:47
Last Modified: 10 Oct 2021 08:47
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item
View Item