Strategi Guru dalam Menanamkan Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Paud Dewi Sri Desa Tanahsari Kebumen

Laela Fathur Rohmah, 18116452 and Nur Hidayah, M.Pd, 2101068201 and Maesaroh. M.Ag, 2117076901 (2022) Strategi Guru dalam Menanamkan Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Paud Dewi Sri Desa Tanahsari Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (992kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan akhlak mulia pada anak usia dini di PAUD Dewi Sri di Desa Tanahsari Kecamatan Kebumen. (2) untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan akhlak mulia pada anak usia dini di PAUD Dewi Sri di Desa Tanahsari Kecamatan Kebumen. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa PAUD Dewi Sri di Desa Tanahsari Kecamatan Kebumen sejumlah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara dengan narasumber kepala PAUD Dewi Sri, guru yang mengajar dan wali murid yang berkaitan dengan penanaman akhlak kepada anak usia dini. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa: (1) Penanaman akhlak mulia pada anak usia dini di PAUD Dewi Sri dilakukan dengan strategi pendidikan secara langsung dan tidak langsung. Strategi pendidikan secara langsung ada tiga macam yaitu dengan menggunakan keteladanan, anjuran dan latihan, sedangkan strategi pendidikan secara tidak langsung dengan memberikan larangan, hadiah atau reward dan pengawasan; (2) Guru di PAUD Dewi Sri memiliki peran sebagai pendidik supaya anak berkepribadian yang baik, mengajar akhlak dengan teori, membimbing anak dalam proses perkembangan akhlak, sebagai penengah pembelajaran dan yang menyediakan alat untuk belajar serta mengevaluasi pencapaian akhlak anak.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nur Hidayah, M.Pd Pembimbing 2 : Maesaroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Akhlak Mulia, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:05
Last Modified: 19 Oct 2023 07:05
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item
View Item