Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Menghafal Juz 30 di TPQ Baiturrokhim Alian Kebumen

Royani Fuadah, NIM.19116630 and Nihayatul Husna, L.c.,M.Hum, . (2023) Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Menghafal Juz 30 di TPQ Baiturrokhim Alian Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (944kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (444kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK
Royani Fuadah. 19116630. Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Menghafal Juz 30 di TPQ Baiturrokhim Alian Kebumen. Tujuan yang ingin dicapai ialah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan menghafal juz 30 di TPQ Baiturrokhim. 2) Untuk
mengetahui faktor kendala dan pendukung penerapan metode drill dalam meningkatkan menghafal juz 30 di TPQ Baiturrokhim. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini
adalah Kepala TPQ Baiturrrahim, Mantan Seksi Kependidikan sekaligus Guru Kelas Al-Qur’an, Santri Alumni TPQ Baiturrokhim. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan metode drill dalam meningkatkan menghafal juz 30 di TPQ Baiturrokhim dapat
memudahkan santri dalam menghafal serta meningkatkan hafalan para santri. 2) Terdapat faktor kendala dalam menerapkan metode drill dalam menghafal di TPQ Baiturrokhim, yaitu; a) kendala waktu, b) ketidak disiplinan santri, c) Perbedaan
kemampuan santri membaca dan daya ingat santri dalam menghafal yang lemah, d) Kuranya peran dan perhatian orang tua dalam proses kegiatan anak mengaji. 3) Adanya faktor pendukung hafalan yaitu; a) adanya semangat dan keinginan, b) Adanya fasilitas pembelajaran, c) Adanya ustadz/ustadzah yang dengan sabar mendampingi santri dalam mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nihayatul Husna, L.c.,M.Hum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:06
Last Modified: 19 Oct 2023 07:06
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item
View Item