Tofik Ristanto, 19116748 and Devi Yaniar Wi Hargina, M.Pd.I, 2113018803 (2023) UPAYA GURU NGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN SANTRI DI MUSHOLA AL-IKHLAS AMBALRESMI. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (800kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (658kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (186kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari keprihatinan peneliti terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an santri, dengan semakin majunya perkembangan zaman serta semakin tidak terkontrolnya pengaruh-pengaruh negatif masuk ke santri dalam bidang keagamaan khususnya dalam membaca Al-Qur‟an. Dengan demikian, santri harus dibentengi dengan nilai-nilai keagamaan sehingga dapat menjadi bekal di masa mendatang. Di sinilah upaya guru ngaji diperlukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri di Mushola Al-Ikhlas Ambalresmi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana upaya guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri di Mushola AlIkhlas Ambalresmi; 2) mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat upaya guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri di Mushola Al-Ikhlas Ambalresmi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Datanya diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan dalam Teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: 1) Upaya guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri di Mushola Al-Ikhlas Ambalresmi dilakukan dengan cara menyampaikan mahraj huruf hijaiyahyang benar, guru ngaji memberikan waktu bagi santri untuk nderes (tadarus) Al-Qur‟an selama 10-15 menit (3 kali) sebelum kegiatan mengaji dimulai, memberikan motivasi kepada santri yang sifatnya membangun serta dijadwalkan mengaji khusus tajwid pada setiap hari rabu malam, kemudian hari kamis malam, kegiatan rutin yasinan bersama, guru ngaji menggunakan metode holaqoh untuk para santri; 2) faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an santri di Mushola Al-Ikhlas Ambalresmi yaitu: orang tua dan guru ngaji, sarana dan prasarana. Kemudian untuk faktor penghambatnya yakni: lingkungan rumah, orang tua, konsentrasi belajar, keterbatasan fisik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Devi Yaniar Wi Hargina, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Guru Ngaji, Membaca Al-Qur‟an, Santri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 02:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 02:11 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/972 |