Ulfatun Lulu Maunah., 19116635 (2023) Peran Guru Al Qur‟an Hadits dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MI Ma‟arif Surotrunan. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (698kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (521kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (193kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB)
Abstract
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk menganalisis peran guru al qur‟an hadits dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV di MI Ma‟arif Surotrunan Alian Kebumen: (2) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas IV di MI Ma‟arif Surotrunan Alian Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Al Qur‟an Hadits, peserta didik dan orang tua atau wali peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; (3) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV MI Ma‟arif Surotrunan, (a) guru sebagai sumber belajar, (b) guru sebagai fasilitator, (3) guru sebagai pengelola, (4) guru sebagai demonstrator, (5) guru sebagai pembimbing, (6) guru sebagai motivator, (7) sebagai evaluator; (2) Faktor Internal yang mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas IV MI Ma‟arif Surotrunan,(a) peserta didik mempunyai kesehatan yang baik dari segi jasmani dan rohani, (b) intelegensi peserta didik yang tinggi, (c) minat belajar yang tinggi, (d) bakat sesuai dengan bidang asing-masing, (d) motif dari guru; (4) Faktor Eksternal yang mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas IV MI Ma‟arif Surotrunan, (a) cara mendidik orangtua, (b) hubungan orangtua dengan anak, (c) keadaan suasana rumah, (d) metode mengajar, (e) metode belajar, (f) relasi dikelas dan disekolah, (g) materi pelajaran, (h) kegiatan masyarakat, (i) mass media, (j) teman bergaul;.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Umi Arifah, M.M |
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Minat belajar peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 08:03 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 08:03 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/928 |