Peran Guru Al Qur‟an Hadits dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MI Ma‟arif Surotrunan.

Ulfatun Lulu Maunah., 19116635 (2023) Peran Guru Al Qur‟an Hadits dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MI Ma‟arif Surotrunan. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (698kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (521kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk menganalisis peran guru al qur‟an hadits dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV di MI Ma‟arif Surotrunan Alian Kebumen: (2) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas IV di MI Ma‟arif Surotrunan Alian Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Al Qur‟an Hadits, peserta didik dan orang tua atau wali peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; (3) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV MI Ma‟arif Surotrunan, (a) guru sebagai sumber belajar, (b) guru sebagai fasilitator, (3) guru sebagai pengelola, (4) guru sebagai demonstrator, (5) guru sebagai pembimbing, (6) guru sebagai motivator, (7) sebagai evaluator; (2) Faktor Internal yang mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas IV MI Ma‟arif Surotrunan,(a) peserta didik mempunyai kesehatan yang baik dari segi jasmani dan rohani, (b) intelegensi peserta didik yang tinggi, (c) minat belajar yang tinggi, (d) bakat sesuai dengan bidang asing-masing, (d) motif dari guru; (4) Faktor Eksternal yang mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas IV MI Ma‟arif Surotrunan, (a) cara mendidik orangtua, (b) hubungan orangtua dengan anak, (c) keadaan suasana rumah, (d) metode mengajar, (e) metode belajar, (f) relasi dikelas dan disekolah, (g) materi pelajaran, (h) kegiatan masyarakat, (i) mass media, (j) teman bergaul;.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Umi Arifah, M.M
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Minat belajar peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:03
Last Modified: 26 Sep 2023 08:03
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item
View Item