Penerapan Metode Yanbu’a dalam Membaca Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Alfi Karomah Kradenan Sumpiuh Banyumas

Fathurijal Muhlisin, 19116689 (2023) Penerapan Metode Yanbu’a dalam Membaca Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Alfi Karomah Kradenan Sumpiuh Banyumas. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (772kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (520kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Permasalahan yang menjadi sebuah alasan penting didalam penelitian ini adalah pentingnya menerapkan suatu metode yang efektif dalam belajar mengajar membaca Al-Qur’an pada anak-anak usia dini. Adapun permasalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana system pembelajaran dan konsep Metode Yanbu’a dalam Membaca Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Alfi Karomah. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui sistem pembelajaran dan konsep Metode Yanbu’a dalam Membaca Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Alfi Karomah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kualitatif yang menggunakan desain penelitian deskriptif berdasarkan sumber informasi primer dan sekunder. Berdasarkan temuan peneliti terkait sistem pembelajaran Metode Yanbu’a dalam membaca Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Alfi Karomah yaitu melalui strategi klasikan dengan penyampaian secara musyafahah, soroga dan pengulangan. Pembelajaran ini berlangsung dalam tiga majlis yaitu jilid 1-3, jilid 4-7 dan jilid 4-7, dalam sehari mengaji Yanbu’a lima kali. Sedangkan konsep Metode Yanbu’a dalam membaca Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Alfi Karomah ini terdapat modul pembelajaran Yanbu’a yang terdiri dari 7 jilid utama dan tambahan 1 yaitu jlid makhorijul huruf dan sifat huruf, setiap jilinya terdapat materi-materi yang harus dicapai dan terdapat cara pengajarannya. Jilid makhorijul huruf digunakan guna memperlancar kembali pelafalan huruf agar lebih sesuai dengan makhroj dan sifat hurufnya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nur'aini Habibah, MSI
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2023 02:40
Last Modified: 16 Sep 2023 02:40
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item
View Item