IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEBORO SADANG KEBUMEN

SUPRIYOTO, 19116803 (2023) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEBORO SADANG KEBUMEN. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1) Pendahuluan.doc] Text
1) Pendahuluan.doc - Published Version

Download (585kB)
[thumbnail of 2) BAB I.pdf] Text
2) BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB)
[thumbnail of 3) BAB II.pdf] Text
3) BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of 4) BAB III.pdf] Text
4) BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of 5) BAB IV.pdf] Text
5) BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of 6) BAB V.pdf] Text
6) BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of 7) DAFTAR PUSTAKA-1.pdf] Text
7) DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (198kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Seboro Sadang Kebumen. (2) Mengetahui metode-metode dalam mewujudkan budaya religius siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Seboro Sadang Kebumen. (3) Mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan dalam membentuk budaya religius siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Seboro Sadang Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Guru PAI sebagai key informant (pemberi informasi kunci di sekolah) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Seboro Sadang Kebumen sudah baik, melalui program-program sekolah seperti kegiatan pembiasaan rutin yang meliputi salam cium tangan, berdoa sebelum pembelajaran, pembacaan asmaul khusna dan surat-surat pendek, dan pembiasaan sholat dhuha berjamaah, kegiatan pembiasaan terpogram yang meliputi jumat amal, kegiatan PHBI dan kegiatan romadhon; dan kegiatan pembiasaan spontan yang meliputi infaq, shodaqoh dan menjenguk teman yang sakit. Strategi yang digunakan dalam mewujudkan budaya religius pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Seboro Sadang Kebumen sudah baik yang meliputi penciptaan suasana religius di sekolah, internalisasi nilai melalui pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan Adapun kendala dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Seboro Sadang Kebumen terdiri dari kendala internal dan eksternal dinama setiap kendala yang dihadapi telah mendapatkan solusinya agar apa yang menjadi visi dan misi sekolah dapat terealisasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Karakter Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:26
Last Modified: 15 Aug 2023 02:26
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item
View Item