Efektivitas Dakwah Satu Menit Melalui Media Instagram Dikalangan Mahasiswa KPI IAINU Kebumen (Studi Akun Instagram Mahasiswa KPI IAINU Kebumen)

REZA HIDAYAT, 1832078 (2022) Efektivitas Dakwah Satu Menit Melalui Media Instagram Dikalangan Mahasiswa KPI IAINU Kebumen (Studi Akun Instagram Mahasiswa KPI IAINU Kebumen). Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (868kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (548kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (134kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pemanfaatan instagram olMahasiswa KPI IAINU Kebumen sebagai media dakwah dan (2) Mengetahui efektivitas dakwah melalui instagram @dakwahustadz_abdul somad di kalangamahasiswa KPI IAINU Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penmengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancdengan mahasiswa KPI IAINU Kebumen dengan kriteria kriteria yamenggunakan instagram, mengikuti akun @dakwahustadz_abdulsommenyukai dakwah ustad abdul somad sebagai key informant (pemberi informakunci di sekolah) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalmenggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan unmendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalimenggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa cara mahasiswa KPI IAINKebumen memanfaatkan media instagram sebagai media dakwah adalah dengamenjadikan instagram sebagai wadah/tempat untuk berdakwah dan ada pula yamenjadikan instagram sebagai media untuk mengakses isi pesan dakwah yadisampaikan di media tersebut. Selanjutnya dakwah satu menit melalui mediainstagram dikalangan mahasiswa KPI IAINU Kebumen (studi akun instagra@dakwahustadz_abdulsomad) sudag dapat dikatakan efektif karena ceramah dainstagram @dakwahustadz_abdulsomad mahasiswa mudah dipahami, tidamembosankan alias menyenagkan ada perubahan perilaku dari pendengarnydalam hal ini adalah Mahasiwa KPI IAINU Kebumen, dan materi-materi ceramdapat diimplementasikan atau dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Efektivitas Dakwah Media Instagram, Mahasiswa KPI IAINUKebumen dan @dakwahustadz_abdulsomad

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Dakwah Media Instagram, Mahasiswa KPI IAINUKebumen dan @dakwahustadz_abdulsomad
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Syariah Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:00
Last Modified: 20 Jun 2023 07:00
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item
View Item