Riska Nurchofifah, 18116488 (2022) Strategi Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Huda Jetis, Kutosari, Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (712kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (208kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembiasaan dan apa saja kendala serta solusi dalam menanamkan pendidikan karakter santri putri di Pondok Pesantren Al-Huda, Jetis, Kutosari, Kebumen. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang diambil dari Lurah Pondok Pesantren, Pengurus Pondok Pesantren, dan Santri Putri. Teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Huda Jetis, Kutosari, Kebumen adalah dengan melakukan kegiatan pembiasaan yang telah terangkum dalam 5 poin yang kita sebut sebagai Panca Jiwa Santri. Panca Jiwa Santri merupakan nilai-nilai yang menjadi fokus dan tujuan dalam mengembangkan serta membangun potensi santri dalam membentuk softskill santri sebagai tujuan membentuk manusia yang beriman dan bertakwa, serta siap dalam menjalani kehidupan yang akan datang. Adapun bunyi Panca Jiwa Santri sebagai berikut: 1) Bertaqwa kepada Allah SWT., 2) Ta‟dzim (menghormati) guru dan ilmu, 3) Menggalang ukhuwah islamiyyah, 4) Berakhlakul karimah, 5) Ikhlas beramal.
Kata Kunci: Strategi, Pembiasaan, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembiasaan, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 07:16 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:16 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/820 |