Musrin, M.Pd (2022) Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 1 ed. Multi Pustaka Utama, IAINU Kebumen Press. ISBN 978-623-88205-1-1
023 Musrin_Kepemimpinan.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Kepemimpinan menjadi hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap Kepala madrasah atau sekolah pada jenjang pendidikan.
Kepemimpinan diibaratkan sebagai setir untuk memfungsikan
kendaraan yang dinaiki seseorang. Tanpa adanya setir, maka
kendaraan tersebut tidak dapat berjalan. Sebagaimana dengan
itu, kepemimpinan menjadi alat bagi seseorang untuk dapat mengendalikan laju organisasi yang dipimpinnya.
Kepemimpinan terdiri atas beberapa jenis. Salah satunya
ialah kepemimpinan visioner. Kepemimpinan jenis ini difungsikan agar pemimpin memiliki sikap yang tegas dalam menentukan visi dan misi dari organisasi yang dipimpin dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat di lembaga pendidikan. Selain itu, kepemimpinan visioner juga identic dengan cara pemimpin berkomunikasi dan mentransformasikan visi dan misinya tersebut sehingga hal layak
umum dapat memahami maksud dari visi dan misi tersebut. Hal
tersebut dapat dilakukan dengan sharing vision kepada team work dengan dibentuknya struktur organisasi madrasah. Hal ini berakibat pada konsistensi pada praktik mewujudkan visi berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang diemban masing-masing personel, kerja sama/ kolaborasi dapat tercipta karena para personel merasa menjadi bagian penting dari terwujudnya visi, dan berimplikasi pada peningkatan mutu madrasah.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Kualitas Pendidikan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 11 May 2023 02:24 |
Last Modified: | 11 May 2023 02:24 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/732 |