Dian Ariyanto, M.Pd (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER Pada Masa Pandemi Covid-19. 1 ed. Terakata, IAINU Kebumen Press. ISBN 978-602-5457-58-6
017 Dian Ariyanto_Manajemen Pendidikan Karakter.pdf - Published Version
Download (6MB)
Abstract
Perubahan era abad 21 telah merambah dalam dunia pendidikan. Konsep pendidikan yang berdampak salah satunya ialah pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi fondasi bangsa sebagai upaya menumbuhkan jiwa anak-anak dan akan berproses secara berkelanjutan. Pendidikan karakter secara implisit telah dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Pendidikan karakter berlangsung secara alamiah selama pembelajaran itu berlangsung. Melalui pertimbangan kebutuhan
pendidikan karakter, maka diperlukan adanya manajemen yang baik dan sinergis diantara berbagai komponen pendidikan. Manajemen merupakan upaya mengelola aspek yang menjadi topic atau focus kegiatan mendatang. Manajemen pendidikan karakter berfokus pada pengelolaan pendidikan karakter di sekolah. Manajemen yang dilakukan terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian.
Proses manajemen ini bertujuan agar program pendidikan karakter di sekolah memiliki arah dan konsep yang jelas sehingga hasil atau output dari pelaksanaan pendidikan karakter mencapai target yang maksimal. Mengingat pentingnya manajemen pendidikan karakter, maka penulis mencoba untuk menggambarkan bagaimana proses manajemen pendidikan karakter di sekolah
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 10 May 2023 03:59 |
Last Modified: | 10 May 2023 03:59 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/719 |