Sefi Latifah, M.Pd (2023) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL. 1 ed. PT Arr rad Pratama, IAINU Kebumen Press. ISBN 978-623-09-2691-4
067 Sefi Latifah.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum merupakan seperangkat rencana mengenai tujuan, isi, strategi pembelajaran, penilaian/evaluasi dan caracara yang lain dalam menyelanggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Adanya kurikulum memudahkan satuan pendidikan dalam melaksanakan program-program kegiatan sekolah, baik kegiatan yang di dalam kelas maupun kegiatan di luar kelas dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik yang seutuhnya. Kurikulum berbasis potensi lokal menjadikan satuan pendidikan memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh satuan pendidikan yang lain sehingga menjadi nilai lebih bagi satuan pendidikan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen yang baik agar implementasi kurikulum berbasis potensi lokal dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Buku ini terdiri dalam VIII Bab dimana dalam Bab I membahas tentang Pentingnya Manajemen Kurikulum, Bab II membahas tentang Manajemen Kurikulum, Bab III membahas tentang Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal, Bab IV membahas tentang Pendidikan Karakter, Bab V membahas tentang Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal, Bab VI membahas tentang Peran Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter, dan Bab VII membahas tentang Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Di Sekolah, dan Bab VIII membahas tentang Dampak Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen kurikulum, kearifan lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 10 May 2023 02:42 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:30 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/715 |