Analisis Emosi Akademik Sains dalam Pembelajaran Fisika dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa

Siti Fatimah,dkk, Siti Fatimah,dkk (2021) Analisis Emosi Akademik Sains dalam Pembelajaran Fisika dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa. Kappa Journal Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi. ISSN 2549-2950 pp. 149-157

[thumbnail of siti fatimah 2.pdf] Text
siti fatimah 2.pdf - Published Version

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis emosi akademik sains mahasiswa dalam pembelajaran fisika khususnya e-learning pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa semester dua yang berjumlah119 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket,lembar tes, dan lembar portofolio. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) mahasiswa memiliki emosi akademik sains yang cukup baik selama pembelajaran online; 2) emosi akademik sains yang positif memberikan dampak yang baik pada prestasi akademik mahasiswa; 3) sebanyak 80,25% mahasiswa dapat menikmati pembelajaran fisika secara daring dan cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:44
Last Modified: 18 Apr 2023 07:44
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item
View Item