How E-Learning Affects Students' Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study

Siti Fatimah, Siti Fatimah and Umi Mahmudah, Umi Mahmudah How E-Learning Affects Students' Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik.

[thumbnail of 41991-113519-1-PB.pdf] Text
41991-113519-1-PB.pdf - Published Version

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap kesehatan mental siswa di Indonesia saat pandemi COVID-19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 210 responden yaitu siswa pada tingkatan SMP, SMA, dan Universitas. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket tertutup dan terbuka. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) e-learning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesehatan mental; 2) usia memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kesehatan mental; dan 3) gender memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap kesehatan mental.
Kata kunci: E-learning, kesehatan mental, COVID-19

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:34
Last Modified: 18 Apr 2023 07:34
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item
View Item