PEMAHAMAN BELAJAR MATERI NILAI NILAI DASAR PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM KELAS V MI AL HIDAYAH KARANGTANJUNG DI MASAPANDEMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fiqi Ni’matul Hikmah, 1812853 (2022) PEMAHAMAN BELAJAR MATERI NILAI NILAI DASAR PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM KELAS V MI AL HIDAYAH KARANGTANJUNG DI MASAPANDEMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (700kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB)

Abstract

Dalam hal ini penulis bertujuan untuk meneliti tentang Pemahaman Belajar Materi Nilai-Nilai Dasar Pancasila Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom Pada Kelas V . Nilai-nilai dasar pancasila merupakan hakikat dari kelima sila yaitu ketuhanan yang maha Esa, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan Nilai pancasila termasuk nilai dasar yang bersifat universal. “Ketahanan Ideologi Pancasila kembali diuji ketika dunia masuk pada era globalisasi di mana banyaknya ideologi alternatif merasuki kedalam segenap sendi-sendi bangsa melalui media informasi yang dapat dijangkau oleh seluruh anak bangsa,” ujian lain dalam dunia pendidikan dan masyarakat terkait pembelajaran, pemahaman serta penerapannya terkendala adanya masa pandemi yang di sebabkan virus corona atau Covid-19. Penulisan skripsi ini metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan kualitatif deskriptif meliputi teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data kemudian verifikasi. Disini penelitian mengumpulkan data dari lapangan dengan mengadakan penyelidikan secara langsung di lapangan untuk mencari berbagai masalah yang ada relevansinya dengan penelitian ini. Penelitian ini menunjukan: 1) Pemahaman belajar siswa dikatakan berhasil. Bisa memahami dan menjelaskan arti dari Pancasila, fungsi pancasila sebagai moral, Pancasila sebagai sumber hukum, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta peserta didik bisa mengklasifikaiskan dan menganalisis terkait perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dasar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 2) faktor pendukung yang melatarbelakangi pemahaman belajar siswa yaitu dapat membangkitkan kedisiplinan siswa, Hasil proses belajar siswa mudah terkontrol, Fasilitas medianya lengkap, Materi pembelajaran dapat tersimpan dengan rapih, Refrensi mudah di lihat dan di simpan, Penggunaan bisa kapan saja, Materi dapat dibuka ulang, Dapat menyegah penularan covid-19, Memudahkan akses dalam belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Agus Nur Sholeh, M.Pd.I. Pembimbing 2 : Mustajab, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai dasar Pancasila, Google Classroom
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:39
Last Modified: 02 Mar 2023 02:39
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item
View Item