MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI RA GUPPI PEKAUMAN MADUKARA BANJARNEGARA

Ika Nura Firmana, NIM.2010787 (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI RA GUPPI PEKAUMAN MADUKARA BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of ika nura firmana.pdf] Text
ika nura firmana.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari keingintahuan peneliti terhadap salah satu lembaga pendidikan tingkat RA yang berada di Kabupaten Banjarnegara, yaitu RA GUPPI Pekauman, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegar yang di rancang dengan pola pembelajaran yang Islami dan modern serta mendesain lembaga pendidikannya dengan berbasis pada Active Learning yang menempatkan peserta didiknya sebagai subyek dan pelaku pembelajaran yang inovatif serta kreatif. Character building (pembentukan akhlakul karimah) yang mendapat perhatian khusus pada lembaga ini dalam rangka mengembangkan kepribadian melalui pembiasaan ibadah dan perilaku positif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualiatif pada penyelenggaraan pendidikan di RA GUPPI Pekauman. Peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan model interaktif dengan alur, pencatatan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta didik di RA GUPPI Pekauman. Pertama, Konsep perencanaan manajemen kurikulum pada pembinaan akhlakul karimah RA GUPPI Pekauman termuat dalam manajemen berbasis sekolah/ madrasah (MBS) yang dalam mengelolanya melibatkan semua unsur baik madrasah, stakholder maupun masyarakat yang dalam hal ini orang tua peserta didik ikut terlibat dalam menetapkan nilai-nilai akhlak yang akan diterapkan pada madrasah yang tertuang didalam tata tertib. Kedua, Pelaksanaan manajemen pembinaan akhlakul karimah RA GUPPI Pekauman melibatkan semua warga madrasah baik Kepala Madrasah, guru, dan staf serta wali murid yang berperan dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi perkembangan akhlak peserta didik. Yang dilaksanakan baik kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas. Ketiga, evaluasi manajemen pembinaan akhlakul karimah peserta didik di RA GUPPI Pekauman berbentuk observasi, yang dimaksud adalah semua guru terlibat dalam menilai karakter peserta didik dengan cara membuat catatan perkembangan peserta didik melalui observasi. Dari hasil observasi guru dilakukan rapat untuk membahas pilar-pilar karakter dan akhlak yang sudah tercapai serta tindakan apa yang akan dilakukan guru dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik yang sudah ditetapkan pada aturan madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Satibi,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:24
Last Modified: 07 Dec 2022 07:24
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item
View Item