MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER DI MI MA’ARIF AL FALAH J OYOKUSUMO BANJARNEGARA

Achmad Sjaifulloh, NIM.2010773 (2022) MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER DI MI MA’ARIF AL FALAH J OYOKUSUMO BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of ACHMAD SJAIFULLOH.pdf] Text
ACHMAD SJAIFULLOH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak :
Achmad Sjaifulloh, Manajemen Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Al Falah Joyokusumo Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022. Manajemen full day school digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter peserta didik. Manajemen full day school meningkatkan kualitas pendidikan karakter peserta didik untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan manajemen Full Day School 2) Bagaimana implementasi Full Day School, 3) Bagaimana evaluasi Full Day School. Tujuannya mengetahui bagaimana manajemen yang dijalankan oleh MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo Banjarnegara tersebut yaitu full day school digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Menggunakan teori Imam Machali dan Ara, juga Terry sebagai analisis data dan sumber lain yang relevan. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan full day school dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter diawali dari rapat perencanaan, menentukan tujuan program full day school, menentukan langkah-langkah yang disesuaikan dengan visi misi madrasah, dan yang terakhir menentukan orang yang bertanggung jawab dalam perencanaan program. 2) Pelaksanaan program full day school dilaksanakan pada hari Senin sampai Sabtu dimulai pukul 07:00-16:00. Khusus pada hari Jum’at siswa pulang pada pukul 10:30. Kepala madrasah memberikan motivasi, arahan, dan memberikan teguran secara personal, selain itu kepala madrasah memberikan contoh yang baik. 3) Evaluasi program full day school di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo Banjarnegara melalui tahapan yaitu menjaga kontak semua orang yaitu wali murid, tenaga pendidik dan kependidikan dengan mengadakan perkumpulan yang untuk menyampaikan hasil dari kinerja yang sudah dijalankan yang akan digunakan untuk menindak lanjuti program yang dilaksanakan pada akhir tahun, rapat per semester dan hari Sabtu, membandingkan standar yang telah ditetapkan sebelumnya dalam rencana, melihat ketercapaian tujuan dari perencanaan yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sulis Rokhmawanto,M.S.I
Uncontrolled Keywords: manajemen, full day school, pendidikan, karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:56
Last Modified: 07 Dec 2022 03:56
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item
View Item